kantor unit penyelenggara pelabuhan kelas III sapudi

Sejarah


Pelabuhan Laut Sapudi merupakan salah satu pelabuhan umum yang tidak diusahakan di Kabupaten Sumenep Provinsi jawa Timur, berfungsi mendistribusikan barang dagangan serta sebagai jembatan penyeberangan bagi penumpang, baik dari Kabupaten Sumenep (Madura) Ataupun dari Kabupaten situbondo Ke Pelabuhan Sapudi.


Pelabuhan Laut Sapudi dibangun pada tahun 1994. Dari tahun tersebut sampai saat ini telah banyak perubahan yang terjadi termasuk perubahan unit kerja dari Pelabuhan Kelas V Sapudi menjadi Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Sapudi. Adapun perubahan tersebut sesuai Keputusan Menteri adalah, sbb :

  • Berdasarkan KM.63 Tahun 2002/Oktober 2002 sampai dengan Desember 2009 satuan kerjanya adalah Kantor Pelabuhan/Departemen Perhubungan.
  • Berdasarkan KM.63 Tahun 2002/Januari 2010 sampai dengan Oktober 2010 satuan kerjanya adalah Kantor Pelabuhan/Kementerian Perhubungan.
  • Berdasarkan KM.63 Tahun 2002/Januari 2010 sampai dengan Oktober 2010 satuan kerjanya adalah Kantor Pelabuhan/Kementerian Perhubungan.
  • Berdasarkan KM.62 Tahun 2010/5 November 2010 sampai dengan sekarang satuan kerjanya adalah Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan/Kementerian Perhubungan.

Peranan Pelabuhan Laut Sapudi telah memberi dampak yang besar bagi pertumbuhan sosial ekonomi masyarakat setempat, seperti timbulnya pemukiman baru di sekitar pelabuhan karena banyaknya pendatang yangmemicu timbulnya lapangan pekerjaan baru serta usaha bagi masyarakat sekitar, yang berarti menambah pendapatan bagi masyarakatyang berdampak baik bagi peningkatan pendapatan daerah.

Pada dasarnya Pelabuhan Laut Sapudi adalah daerah yang sangat berpotensi dimana industri sektor peternakan Dan pertanian, sangat berkembang dalam peningkatan sektor ekonomoi di masa kini maupun masa yang akan datang.