Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Pekalongan

Profil


Visi dan Misi

V I S I

  • MEMUJUDKAN KANTOR UNIT PENYELENGGARA PELABUHAN KELAS II PEKALONGAN SEBAGAI UNIT PELAKSANA TEKNIS YANG HANDAL DAN MAMPU MEMBERIKAN PELAYANAN YANG BAIK UNTUK MENCIPTAKAN TERSELENGGARANYA TRANSPORTASI LAUT YANG TERATUR, AMAN, NYAMAN, LANCAR DAN TERJANGKAU.

MISI

  • MENCIPTAKAN TERSELENGGARANYA OPERASIONAL PELABUHAN PEKALONGAN YANG TERPADU DENGAN SELAMAT, AMAN, CEPAT, TERTIB, TERATUR DAN EFISIEN.

TUGAS DAN FUNGSI

1.Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Pekalongan di pimpin oleh seorang Kepala.

2.Petugas Tata Usaha mempunyai tugas melakukan urusan keuangan, kepegawaian dan umum, hukum dan hubungan masyarakat serta pelaporan dilingkungan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan.

3.Petugas Lalu Lintas dan angkutan Laut dan Pelayanan Jasa mempunyai tugas melakukan kegiatan penyediaan dan pemeliharaan penahn gelombang, kolam pelabuhan, alur pelayaran, dan sarana bantu navigasi pelayaran, penjamin kelancaran arus barang, penumpang dan hewan, penyediaan dan/atau pelayanan jasa kepelabuhan dan pengaturan, pengendalian dan pengawasan usaha jasa terkait dengan kepelabuhan dan angkutan perairan.

4.Petugas Kesyahbandaran mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pengawasan keselamatan pelayaran dan keamanan pelayaran.

5.Petugas Fasilitas Pelabuhan dan Ketertiban mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana induk pelabuhan serta Daerah Lingkungan Kerja (DLKr) dan Daerah Lingkungan Kepentingan pelabuhan (DLKp), penyediaan, fasilitas pelabuhan dan jasa pemanduan dan penundaan, penjamin keamanan dan ketertiban di pelabuhan dan pemeliharaan kelestarian lingkungan di pelabuhan.

Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan adalah lembaga pemerintah di pelabuhan sebagai otoritas yang melakukan fungsi pengaturan, pengendalian, pengawasan kegiatan kepelabuhanandan pemberian pelayanan jasa kepelabuhanan untuk pelabuhan yang belum diusahakan secara komersial.