Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar

Penyerahan Kapal Tol Laut KM Kendhaga Nusantara 6 oleh Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut di Pelabuhan Makassar


Dipublikasikan: Sabtu, 02 Maret 2019
Jumlah Dilihat: 275 kali

Syahbandar Makassar -- Sabtu (02/03/19) Kapal Tol Laut KM.Kendhaga Nusantara 6 Sandar di dermaga Pelabuhan Makassar, disambut oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar dan Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut, Bapak Dr. Capt. Wisnu Handoko. Didampingi Syahbandar Makassar, Bapak Victor Vikki Subroto, MM, M.Mar.E menandatangani penyerahan serah terima kapal tol laut KM.Kendhaga Nusantara 6 dari pihak galangan PT. Janata Marina 6 ke direktorat jenderal perhubungan laut dimana selanjutnya di serahkan kepihak operator PT.ASDP akan berhomebase di Pelabuhan Makassar yang akan melayani dan memberikan konektivitas barang logistik ke Pelabuhan Belang-Belang dan Pelabuhan Sangata.

Gagasan Tol laut sebagai konsep untuk memperbaiki proses pengangkutan logistik di Indonesia sehingga proses distribusi barang (terutama bahan pangan) di Indonesia menjadi semakin mudah dan berdampak pada harga bahan pokok yang semakin merata di seluruh wilayah Indonesia.

“Kapal Tol Laut teratur terjadwal untuk jalur pelayaran bebas hambatan yang menghubungkan hampir seluruh pelabuhan di Indonesia dari Barat ke Timur dan sebaliknya, nantinya dioperasikan dengan mekanisme kewajiban pelayanan publik atau public service obligation dibawah Direktorat Lalu Lintas Angkutan Laut Dirjen Perhubungan Laut”, Ujar Capt.Wisnu handoko.

“KM.Kendahaga Nusantara 6 ini akan melayani trayek tol laut T-4 yang akan melalui jalur Makassar-Belang-Belang-Sangata, dari Pelabuhan Utama menuju Pelabuhan Pengumpul dan Pengumpan Regional, mampu mengangkut Kontainer hingga lebih dari 100 Teus, diantaranya ada 7 kontainer yang dilengkapi dengan pendingin, diharapkan dapat membawa muatan balik dari daerah-daerah kepulauan baik dari sektor perikanan maupun pertanian sehingga tidak ada lagi daerah-daerah yang tidak terhubung dengan jalur perdagangan regional”, lanjut Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut.

Sesaat sebelumnya di Dermaga Terminal Penumpang Pelabuhan Makassar, Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Bapak Dr. Capt. Wisnu Handoko bersama Syahbandar Makassar bapak Victor Vikki Subroto, MM, M.Mar.E dan rombongan menyempatkan berkunjung ke kapal Pelni KM. Lambelu yang sedang sandar di terminal penumpang untuk melakukan inspeksi dan ramphcheck, untuk memastikan pelayanan penumpang berjalan dengan baik di Kapal Penumpang PT.Pelni tersebut.