KSOP KELAS II TERNATE

PEMANTAUAN ANGKUTAN LAUT LEBARAN 2019 H - 1


Dipublikasikan: Rabu, 05 Juni 2019
Jumlah Dilihat: 169 kali

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi melakukan pemantauan perkembangan angkutan laut lebaran 2019 pada H – 1 tepatnya Selasa, 4 Juni 2019 melalui Video Conference yang dihubungkan langsung ke beberapa pelabuhan yang ada di Indonesia. KSOP Kelas II Ternate sebagai salah satu UPT yang memiliki kewenangan dan tanggung jawab terhadap angkutan laut di wilayah timur sempat dimonitoring oleh orang nomor satu di Kementerian Perhubungan ini. Saya ingin mengetahui perkembangan angkutan laut dari salah satu pelabuhan di wilayah timur, ujar Budi Karya. Saat itu juga sebagai perwakilan wilayah timur, Kepala KSOP Ternate Taher Laitupa, ST. MT yang didampingi GM. PT Pelni dan Pelindo Cabang Ternate melaporkan perkembangan angkutan laut lebaran yang terjadi sampai hari ini sebagaimana yang diminta oleh Budi Karya. Sejauh ini prosentase angkutan laut lebaran tahun ini mengalami peningkatan sebesar 3,4 % dari tahun sebelumnya dimana untuk kapal Pelni terjadi lonjakan penumpang dengan tujuan Surabaya, Makassar, Bau Bau, dan Ambon, ungkap Taher Laitupa.

Selain melakukan video conference dengan KSOP Kelas II Ternate, Menteri Perhubungan juga melakukannya dengan beberapa pelabuhan seperti Pelabuhan Batam, Pelabuhan Tanjung Balai Karimun, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Otoritas Pelabuhan Makassar, serta beberapa daerah lainnya.

Sekedar diketahui bahwa upaya mengantisipasi lonjakan penumpang angkutan laut lebaran di pelabuhan Ahmad Yani Ternate, PT. Pelni Cab. Ternate telah menyediakan satu armada untuk "Mudik Gratis" dengan menggunakan KM. Sabuk Nusantara 105 untuk pelabuhan tujuan Sanana – Ambon. Tambahan armada ini diharapkan lonjakan penumpang yang biasa terjadi untuk pelabuhan-pelabuhan tujuan tertentu bisa teratasi. (Humas KSOP Ternate)

#kawanlaut

#kemenhub151

#kemenhubdjpl