Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banten

Fasilitas


Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banten yang mempunyai tugas melaksanakan pengawasan, dan penegakan hukum di bidang keselamatan dan keamanan pelayaran, koordinasi kegiatan pemerintahan di pelabuhan serta pengaturan, pengendalian dan pengawasan kegiatan kepelabuhanan pada pelabuhan yang diusahakan secara komersial. Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banten sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 36 Tahun 2012 sebagaiamana telah diubah dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 76 Tahun 2018 wilayah kerja dari Desa Anyer lor sampai Desa Terate. Pelabuhan Banten sendiri memliki 7 (tujuh) BUP dan 54 (lima puluh empat) TUKS yang menjadi bagian dari wilayah kerja dan bagian dari tugas dan fungsi KSOP Kelas I Banten.

BADAN USAHA PELABUHAN (BUP)

  1. PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Banten
  2. PT. Krakatau Bandar Samudera
  3. PT. Karya Tehnik Lahanindo
  4. PT. Batu Alam Makmur
  5. PT. Pelabuhan Cilegon Mandiri
  6. PT. Bandar Bakau Jaya
  7. PT. Bahari Pelabuhan Indonesia

TERMINAL UNTUK KEPENTINGAN SENDIRI

Terminal untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) diselenggarakan Perusahaan Swasta untuk bongkar muat barang milik sendiri untuk menunjang usaha pokoknya, terdiri dari bidang industri sebagai berikut:

  • Kimia.
  • Docking (Perbaikan Kapal).
  • Konstruksi.
  • Tenaga Listrik.
  • Industri Semen.
  • BBM
  • LNG, dll

Untuk Menunjang sebagaimana tugas dan fungsinya KSOP Kelas I Banten memilik sarana dan prasarana:

Kapal Negara KN. 333

Length O.A:28.5 M
Lebar:5.5 M
Draft:1.7 M
Main Engine:Volvo Penta Tamd 165 P
2 X 770 HP
Bahan:Fiber

Kapal Negara KN. 372

Principal Particulars :

Length O.A=28 M
Lebar=5,85 M
Draft=1,1 M
Main Engine=2 x 14000 HP
Bahan=Alumunium

Kapal Negara KN. 530