DISTRIK NAVIGASI KELAS III SIBOLGA

Layanan


Standar Pelayanan

Standar Pelayanan pada Kantor Distrik Navigasi Kelas III Sibolga merupakan pedoman layanan penyelenggaraan kegiatan jasa kenavigasian di Distrik Navigasi Kelas III Sibolga agar mampu bersaing dengan pelayanan keselamatan pelayaran dalam bidang jasa kenavigasian, juga untuk menjamin akses dan mutu pelayanan kepada pengguna jasa secara merata dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dalam hal ini memajukan perekonomian daerah sekitarnya. Selain itu, acuan tersebut juga dimaksudkan sebagai perangkat untuk mendorong terwujudnya transparansi dan akuntabilitas publik dalam penyelenggaraan kenavigasian.

Penyelenggaraan kegiatan jasa kenavigasian wajib berpedoman pada publik dan prosedur pelayanan perizinan pembangunan SBNP, SROP/VTS dan penetapan/penataan alur pelayaran dalam pelaksanaan pelayanan kegiatan jasa kenavigasian, yang dilaksanakan dengan memperhatikan ketepatan waktu, biaya terjangkau dan kepuasan pengguna jasa.

Ruang lingkup pelayanan jasa kenavigasian di Kantor Distrik Navigasi Kelas III Sibolga meliputi:

1. Pelayanan Rekomendasi Teknis Pengadaan Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP)

Ruang lingkup standar pelayanan pada Rekomendasi Teknis Pengadaan Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP), terdiri atas:

1.Pelayanan permohonan rekomendasi teknis

pengadaan SBNP;

2.Penelitian Dokumen;

3.Paparan Teknis;

4.Melaksanakan Survey;

5.Evaluasi permohonan izin pengadaan SBNP;

6.Permohonan dapat disetujui;

7.Pelayanan penerbitan Pertimbangan Teknis.

2. Pelayanan Rekomendasi Teknis Pengadaan Stasiun Radio Pantai (SROP)

Ruang lingkup standar pelayanan pada Perizinan Pengadaan SROP, terdiri atas:

1.Pelayanan permohonan izin pembangunan

SROP;

2.Penelitian Dokumen;

3.Paparan Teknis;

4.Melaksanakan Survey;

5.Evaluasi permohonan izin pembangunan

SROP;

6.Permohonan dapat disetujui;

7.Pelayanan penerbitan Pertimbangan Teknis.


3. Pelayanan Telegram Radio (Master Cable);

Ruang lingkup standar pelayanan Telegram Radio (Master Cable)

1. Menerima berita/informasi kedatangan kapal;

2. Pengguna jasa melaporkan rencana keberangkatan kapal;

3. Pemantauan pergerakan kapal;

4. Memberikan informasi kondisi alur,cuaca danlalulintas kapal;

5. Menerbitkan nota tagih Telegram Radio (Master Cable).

4. Pelayanan Rekomendasi Teknis Penyelenggaraan Alur Pelayaran;

1.Pelayanan permohonan Rekomendasi Teknis Penyelenggaraan Alur Pelayaran;

2.Penelitian Dokumen;

3.Paparan Teknis;

4.Melaksanakan Survey;

5.Evaluasi permohonan Rekomendasi Teknis Penyelenggaraan Alur Pelayaran;

6.Permohonan dapat disetujui;

7.Pelayanan penerbitan Pertimbangan Teknis.

5. Pelayanan Pertimbangan Teknis Penetapan Lokasi Terminal Khusus (TERSUS);

1.Pelayanan permohonan Pertis Penetapan Lokasi TERSUS;

2.Penelitian Dokumen;

3.Paparan Teknis;

4.Melaksanakan Survey;

5.Evaluasi permohonan Pertis Penetapan Lokasi TERSUS;

6.Permohonan dapat disetujui;

7.Pelayanan penerbitan Pertimbangan Teknis.

6. Pelayanan Pertimbangan Teknis Pembangunan dan Pengoperasian Terminal Khusus

1.Pelayanan permohonan Pertis Pembangunan dan Pengoperasian TERSUS;

2.Penelitian Dokumen;

3.Paparan Teknis;

4.Melaksanakan Survey;

5.Evaluasi permohonan Pertis Pembangunan dan Pengoperasian TERSUS;

6.Permohonan dapat disetujui;

7.Pelayanan penerbitan Pertimbangan Teknis.

1.3.8 Pelayanan Pertimbangan Teknis Pengerukan;

1.Pelayanan permohonan Pertis Pengerukan;

2.Penelitian Dokumen;

3.Paparan Teknis;

4.Melaksanakan Survey;

5.Evaluasi permohonan Pertis Pengerukan;

6.Permohonan dapat disetujui;

7.Pelayanan penerbitan Pertimbangan Teknis.

7. Pelayanan Pertimbangan Teknis Reklamasi;

1.Pelayanan permohonan Pertis Reklamasi;

2.Penelitian Dokumen;

3.Paparan Teknis;

4.Melaksanakan Survey;

5.Evaluasi permohonan Pertis Reklamasi;

6.Permohonan dapat disetujui;

7.Pelayanan penerbitan Pertimbangan Teknis.

8. Pelayanan Rekomendasi Teknis Penggelaran Kabel/Pipa Bawah Air;

1.Pelayanan Rekomendasi Teknis Penggelaran Kabel/Pipa Bawah Air;

2.Penelitian Dokumen;

3.Paparan Teknis;

4.Melaksanakan Survey;

5.Evaluasi permohonan Rekomendasi Teknis Pengelaran Kabel/PipaBawah Air;

6.Permohonan dapat disetujui;

7.Pelayanan penerbitan Rekomendasi Teknis.

9. Pelayanan Rekomendasi Teknis Ruang Bebas (Clearance) Kabel Saluran Udara dan/atau Jembaan di Atas Perairan;

1.Pelayanan Rekomendasi Teknis Ruang Bebas (Clearance) Kabel Saluran Udara dan/atau Jembaan di Atas Perairan;

2.Penelitian Dokumen;

3.Paparan Teknis;

4.Melaksanakan Survey;

5.Evaluasi permohonan Rekomendasi Teknis Penggelaran Kabel Saluran Udara dan/atau Jembatan di Atas Perairan

6.Permohonan dapat disetujui;

7.Pelayanan penerbitan Rekomendasi Teknis;

10. Pelayanan Rekomendasi Teknis Pembongkaran Bangunan dan/atau Instalasi diBawah Air

1.Pelayanan Rekomendasi Teknis Pembongkaran Bangunan dan/atau Instalasi di Bawah Air;

2.Penelitian Dokumen;

3.Paparan Teknis;

4.Melaksanakan Survey;

5.Evaluasi permohonan Rekomendasi Teknis Pembongkaran Bangunan dan/atau Instalasi di Bawah Air;

6.Permohonan dapat disetujui;

7.Pelayanan penerbitan Rekomendasi Teknis.